Thursday, January 1, 2015

Honda GL125 1981, Board Traker Puspa Kediri Custom

Written : Belo  Photos : Boyo


Board Track Sengatan Kliwon


Besutan bergaya board track berkembang sekitar tahun 1920an, saat itu motor harian dicustom sedemikian rupa untuk  jadi andalan para pembalap yang saat itu popoler dilintasan oval. Nah, roh motor balap dengan tampilan board track ini coba ditampilkan kembali oleh bengkel Puspa Kediri Custom lewat basik motor Honda GL 125 lansiran 1980.
Board track memiliki ciri lingkar roda besar seperti yang diaplikasi pelek ring 21 inchi untuk kedua rodanya . Sasis pun lebih simpel dengan tampilan singset dan cenderung kurus. “Karena konsep board tracker berasal dari motor balap jadul dengan lintasannya yang masih tanah,”  buka Aya Sofia builder Purpa Kediri Custom di bilangan di Jl. Rambutan No. 54, Bekasi ini.












RANGKA SIMPEL
Untuk membentuk tampilan boardtraker seluruh rangka dibuat baru dengan andalkan pipa seamless 26mm. Sesuai zamannya rangka dibuat hard tail dengan pengejut depan model girder    atau beken disebut cangkrang. “Batang springer saya pakai pipa 26 mm juga, mekanismenya sederhana dan saya kombinasikan dengan beberapa link custom agar kerja sok depan lebih nyaman,” lanjut Aya yang kasih nama Kliwon pada besutan ini.
Model cangkrang ini mekanismenya meniru sistem fork depan yang nempel pada motor Inggris lawas. Sedangkan tangki berkukuran kecil melekat pada bagian bawah rangka utama, tangki mungil ini kapasitasnya hanya 3 liter.

SETANG NUNDUK
Lantaran sebagai besutan balap posisi berkendara juga dibuat nunduk dengan aplikasi setang yang posisinya sejajar dengan per yang ada difork. “Untuk setangnya kita custom dengan inspirasi model clubman tetapi dibuat lebih nunduk lagi, begitu juga dengan jok single yng posisinya lebih rapat ke spatbor belakang. ” timpal Aris yang juga builder Puspa Keidiri Custom.

DETAIL APIK
Paling sip pada detail ubahan motor seperti areal grip gas pakai selongsong yang dibuat dari bahan kayu bersanding dengan handle motor lawas yang tuasnya nempel pada ujung setang. Sedangkan jok belakang single dibungkus dengan bahan kulit sapi yang juga sudah dipermanis dengan pahat ukir.   
Lantas areal mesin memadukan antara kelir hitam dengan proses powder coating pada bagian mesin dan blok silinder. Untuk area crankcase dan silinder head bagian ini cukup dipoles saja. “Gue sengaja pilih kelir biru muda sesaui dengan konsep warna tungganan tahun 1920an,” tutup Aya menambahkan yang power mesinnya sudah dobore up dengan part full Honda Tiger .   

THE SPECK
Ban depan : Avon 300-21, Pelek : TK 185-21, Sok depan  : Custom, Tangki : 3 liter, Tromo : Yamaha DT (depan), Honda Twin 175 (belakang), Puspa Kediri Custom : 0814-8005-0013

1 comment:

  1. mantap.... gan rapi jali gan.... habis biaya berapa tuh all in bang :-D sapa tahu punya rejeki nomplok pengne... custom geto hehehe

    ReplyDelete