Sunday, December 28, 2014

Yamaha Scorpio 225 Scrambler Protechnic Jakarta

Written : Belo  Photos : Boyo


Nyata Bukan Gambar Sketsa

Konsep tungangan scrambler yang mamadukan desain vintage dan moderen direalisasikan oleh bengkel Protechnic lewat Yamaha Scorpio lansiran 2011 milik Dito. Alhasil ubahan motot dual purpose ini terlihat bagai besutan konsep yang nyata bukan sekedar gambar sketsa. 

Kejar tongkongan moderen kaki-kaki Yamaha Scorpio dijejali copotan dari limbah motor spesial engine. Mulai dari upside down dan lengan ayun belakang adopsi dari Yamaha YZ250 lengkap dengan mono shock dan tromolnya. 








Ubahannya seperti bangun modifikasi motor trail spesial engine yang sudah jadi spesialisasi bengkel Protechnic. "Proses pemasangan kaki-kaki ini enggak makan waktu lama karena rangka scorpio sudah cukup mumpuni," ujar Ari Supriyono selaku builder dan pemilik bengkel Protechnic dibilangan Rempo, Tangerang Selatan.

Yup, rangka utama yang jadi dudukan areal mesin sama sekali enggak diubah hanya areal sub frame dan penopang rangka bawah dicustom dengan pipa seamless baru ukuran 1/2 inchi. 

Setelah kaki-kaki terpasang dan rangka rampung digarap alhasil tongkrongan motor jadi terlihat gagah. Apalagi Ari langsung memasang roda ribg 17 inchi yang cukup gambot khas motor dual purpose. 

Kelar urusan bodi lalu proses pembentukan body, berbedaa dengan workshop lain yang biasanya andalkan plat besi. Ciri bengkel protechnic justru aplikasi body dari bahan fiberglas yang langsung dicetak pada rangka motor. "Proses membentuk body ini dibuat moke up lebih dulu dengan tanah liat pada rangkanya baru hasilnya sebagai mal buat cetak fiber," ujar Ari yang mengatakan ini yang menbuat body bisa fit dengan rangka. 

Untuk desian tangki dibuat membulat sesuai dengan ciri besutan trail vintage. Begitu juga dengan model cover bagian bodi tengah dibuat menyatu dengan plat number yang dibentuk oval. "Desain tangki dan body saya buat sendiri dengan menggabungkan berbagai detail bodi trail vintage," lanjut pria yang sempat jadi kepala mekanik dealer Hyosung ini. 

Spesifikasi
Ban depan : Shinko 120/90/17, Ban belakang : Shinko 150/100/17, Pelek depan : TK 3.00, Pelek belakang : TK 4.25, Setang: Twin Wall, Knalpot : FMF, Cat: Finishing doff

1 comment: