Friday, December 12, 2014

Honda CRF250 GP Mono AHRS

Written : Belo  Photos : Herry Axl












Ngomongin modifikasi custom culture Juragan Asep Hendro pemilik brand AHRS juga kepincut bangun besutan cafe racer. Istimewanya basik motor yang dipakai memang untuk balap di lintasan sirkuit yang andalkan motor balap GP Mono 250 dengan engine Honda CRF250. 

"Sekitar 4 tahun lalu PP IMI punya program membina bibit mudah pembalap dengan mendatangkan lebih dari 25 motor GP Mono 250 yang diorder langsung dari Jepang, kebetulan AHRS ikutan kontrak ambil 1 unit motor buat ikutan balap saat itu," jelas Juragan, sapaan akrabnya.

Baru berjalan 1 musim balap, enggak ada angin ataupun hujan program PP IMI yang mulia ini akhirnya mandek ditengah jalan. Sistem kontrak pembalap diawal musim yang ikutan satu musim balap kurang diminati pemilik tim balap. Kabarnya nilai kontrak terlalu mahal, program balap GP Mono akhirnya bubar. 

Bagi yang sudah ikut kontrak motornya langsung diberikan ke tim-tim balap. "Sudah lebih dari 3 tahun motor cuma jadi pajangan aja di garasi toko. Dari pada ngnggur udah sekalian aja dimodif gaya cafe racer," lanjut Asep Hendro. 

Body dan fairing bawaan GP Mono yang andalkan bahan fiberglass langsung dilepas seluruhnya. Jadi yang tersisa hanya rangka model deltabox dan kaki-kaki saja. "Semuanya penggarapan motor dikerjakan oleh bengkel AHRS," jelas Juragan yang work shopnya di Jl Tole Iskandar, Depok. 

Untuk body seluruhnya didesain ulang dengan gaya motor balap jadul alias cafe racer. Seluruh body baru yang nempel ini andalkan bahan serat fiber. Untuk body belakang dibuat seperti buntut tawon sedangkan tangki dimensinya cukup gambot dengan lebih moderen. 

Areal kaki-kaki pakai sok depan model upside down bersanding lengan ayun bawaan motor. Demikian pula dengan pelek dan roda memang khusus buat balap yang dibalut ban slik. "Pokonya motor ini memang disiapkan buat balap cafe racer dan saya sendiri yang akan ngegas motornya," jujur juragan. 
Wah AHRS mau buat balap Cafe Racer nih....!

Bicara AHRS enggak lepas dari salah satu produsen part performance lokal yang brandnya sudah dikenal sampai mancanegara. Memang sang pemilik Juragan Asep Hendro berangkat membangun bisnisnya ini dari dunia balap yang ditekuninya sejak muda.

No comments:

Post a Comment